Votere | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi sumpah pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka tunggal ika dilengkapi kunci jawaban terbaru mata pelajaran PKn kelas VIII revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal materi sumpah pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka tunggal ika dilengkapi kunci jawaban terbaru mata pelajaran PKn.
Gambar: freepik.com
1. Berikut yang bukan merupakan asas-asas Tri koro Dharmo adalah ....
A. Membangun pertalian antarmurid bumi putera diberbagai sekolah
B. Peningkatan pengetahuan umum bagi para anggotanya
C. Membangkitkan minat terhadap Bahasa dan budaya di wilayah Indonesia
D. Mengembangkan organisasi menjadi gerakan politik
2. Nama tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks sumpah pemuda dalam kongres pemuda II adalah ....
A. Moh Yamin, Mr Soenario, Amir Syarifudin
B. Mr Soenario, Ir Soekarno, Moh Yamin
C. Amir Syarifudin, Soegondo Djojopuspito, Moh Yamin
D. Moh Yamin, Mr Soenario, Soegondo Djojopuspito
3. Organisasi Tri Koro Dharmo memiliki arti ....
A. Tiga organiasasi politik
B. Tiga tujuan mulia
C. Tiga dharma bakti
D. Tiga kemuliaan
4. Hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal ....
A. 28 Agustus
B. 28 Oktober
C. 28 November
D. 10 November
5. Anjuran agar penduduk yang mendiami Nusantara ini menggunakan bahasa Melayu sebagai bahas pengantar dan Bahasa persatuan dilontarkan oleh ....
A. Moh. Yamin
B. Amir Syarifuddin
C. Moh. Hatta
D. Ir. Soekarno
6. Hal-hal berikut yang bukan menjadi pendorong lahirnya sumpah pemuda ialah ....
A. Terpecah belahnya bangsa Indonesia
B. Kegelisahan kaum muda Indonesia atas nasib bangsa Indonesia
C. Tidak adanya niat baik penjajah Belanda dalam membangun Indonesia
D. Penjajah Belanda yang merestui Kongres Pemuda II
7. Sejumlah pemuda di Bandung mendirikan perkumpulan Jong Indonesia pada awal tahun 1927. Tujuannya adalah menyebarkan dan memperkuat cita-cita kebangsaan Indonesia Bersatu. Salah satu cita-cita untuk mewujudkannya adalah ....
A. Memajukan kepanduan kebangsaan Indonesia
B. Memetingkan Gerakan social ekonomi
C. Menyebarkan semangat Indonesia merdeka
D. Memajukan ekonomi anggotanya
8. Nilai utama yang dipetik dari peristiwa sumpah pemuda ialah ....
A`. Adanya semangat kesatuan dan persatuan bangsa
B. Sikap keberanian para pemuda
C. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
D. Semangat pertempuran melawan belanda
9. Selain menetapkan Sumpah Pemuda Kongres Pemuda II juga menetapkan ....
A. Lagu Indonesia raya sebagai lagu kebangsaan
B. Soekarno sebagai calon presiden Indonesia
C. Bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia
D. Bahasa melayu sebagai Bahasa persatuan
10. Makna dari kalimat kedua sumpah pemuda adalah ....
A. Memegang teguh prinsip bersatu tanah air Indonesiaku
B. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa pemersatu
C. Pemuda pemudi Indonesia ikrar bersama-sama
D. Bersatunya suku-suku bangsa Indonesia
11. Sebagai seorang pelajar hendaknya mampu menerapkan salah satu aspek sumpah pemuda, yaitu satu bangsa, dengan cara ....
A. menjaga keutuhan wilayah Indonesia menjadi relawan
B. berteman dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, dan budaya
C. menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
D. tidak menyebarkan hoax yang memicu perpecahan wilayah Indonesia
12. Sumpah pemuda menegaskan bahwa Bahasa persatuan adalah Bahasa Indonesia, dalam masa kemerdekaan, Bahasa Indonesia berfungsi sebagai antar suku ....
A. Bahasa negara
B. Bahasa pengantar
C. Alat edukasi
D. Alat komunikasi
13. Konggres kedua sumpah pemuda pada tahun 1928 diselenggarakan di ....
A. Surabaya
B. Yogyakarta
C. Jakarta
D. Sumatra
14. Perbedaan dapat diselesaikan dengan jalan ....
A. Musyawarah
B. Pertengkaran
C. Gotong royong
D. Kerja bakti
15. Hasil kesepakatan kongres 1 adalah ....
A. punya cita-cita sama yakni Indonesia merdeka
B. membuat strategi perang melawan penjajah
C. membuat sekolah-sekolah didaerah
D. menggalan kekuatan pemuda untuk masuk pemerintah Belanda
16. Bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dikarenakan rakyat Indonesia mempunyai tekad yang sama yaitu ....
A. Persatuan dan kesatuan
B. Rela berkorban
C. Berani mati
D. Ikhlas
17. Ketua Konggres Pemuda I 30 April-2 Mei 1926 adalah ....
A. M.Yamin
B. M.Tabrani
C. M.Yusup
D. M.Hatta
18. Pengaruh sumpah pemuda 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah ....
A. Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu
B. Membangkitkan kesadaran nasional
C. Belanda bersikap lunak kepada pejuang Indonesia
D. Mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
19. Salah satu tokoh yang lahir dari Jong Minahasa adalah ...
A. Sam Ratulangi
B. Moh. Hatta
C. Moh. Yamin
D. Bahder Johan
20. Bahasa persatuan Indonesia adalah bahasa ....
A. Bali
B. Indonesia
C. Jawa
D. Sunda
21. Nama tokoh yang terlibat dalam penyusunan teks sumpah pemuda dalam kongres pemuda II adalah ....
A. Moh Yamin, Mr Soenario, Amir Syarifudin
B. Mr Soenario, Ir Soekarno, Moh Yamin
C. Amir Syarifudin, Soehondo Djojopuspito, Moh Yamin
D. Moh Yamin, Mr Soenario, Soehondo Djojopuspito
22. Saat terjadi sumpah pemuda, Indonesia masih dijajah oleh negara ....
A. Inggris
B. Belanda
C. Portugis
D. Jepang
23. Banyaknya suku bangsa di di Indonesia bukan merupakan sumber perpecahan, melainkan sebagai sumber dari ....
A. Ketekunan bangsa
B. Kekayaan budaya
C. Kelemahan bangsa
D. Kekayaan alam
24. Pita bertuliskan Bhineka Tunggal Ika terdapat di Garuda Pancasila di bagian....
A. Leher garuda
B. Perisai dada Garuda
C. Ekor Garuda
D. Dicengkram kaki Garuda
25. Sebelum sumpah pemuda, bangsa Indonesia dahulu sulit mengusir penjajah. Sebabnya karena tidak adanya ....
A. Persatuan
B. Pemimpin
C. Senjata
D. Pendidikan
26. Wilayah Indonesia disebut pula dengan istilah ....
A. Sunda kelapa
B. Tanah rencong
C. Negeri atas angin
D. Nusantara
27. Kehadiran organisasi Boedi Oetomo sering dianggap sebagai kelahiran kaum pelajar bangkit. hal ini disebabkan karena ....
A. para pemuda didaerah dapat menunjukan jati diri dan kemampuanya
B. generasi muda mendapat peluang untuk memasuki sekolah-sekolah modern
C. organisasi ini menjadi semangat bagi para pemuda pelajar untuk berorganisas
D. gerakan pemuda dapat menjelma menjadi sebuah gerakan politik
28. Sumpah Pemuda telah mendorong bangsa Indonesia untuk ....
A. Bermusuhan sesama bangsa
B. Berperang sesama bangsa
C. Bergabung dengan penjajah
D. Bersatu seluruh bangsa Indonesia
29. Sejumlah pemuda di Bandung mendirikan perkumpulan Jong Indonesia pada awal tahun 1927. Tujuannya adalah menyebarkan dan memperkuat cita-cita kebangsaan Indonesia Bersatu. Salah satu cita-cita untuk mewujudkannya adalah ....
A. Memajukan kepanduan kebangsaan Indonesia
B. Memetingkan Gerakan social ekonomi
C. Menyebarkan semangat Indonesia merdeka
D. Memajukan ekonomi anggotanya
30. Bhineka tunggal ika mempunyai arti ....
A.Berbeda-beda namun tetap sama
B. Berbeda-beda namun tetap berbudaya
C.Berbeda-beda namun tetap satu jua
D. Berbeda-beda namun tetap rukun
31. Organisasi kepemudaan yang menggagas diselenggarakannya kongres Pemuda II adalah ....
A. Jong Sumantra Bond
B. Tri Koro Dharmo
C. Partai Nasional Indonesia
D. Perimpunan Pelajar-pelajar Indonesia
32. Banyaknya suku bangsa di di Indonesia bukan merupakan sumber perpecahan, melainkan sebagai sumber dari ....
A. Ketekunan bangsa
B. Kekayaan budaya
C. Kelemahan bangsa
D. Kekayaan alam
33. Sebagai seorang pelajar hendaknya mampu menerapkan salah satu aspek sumpah pemuda, yaitu satu bangsa, dengan cara ....
A. menjaga keutuhan wilayah Indonesia menjadi relawan
B. berteman dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, dan budaya
C. menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
D. tidak menyebarkan hoax yang memicu perpecahan wilayah Indonesia
34. Sebelum sumpah pemuda, bangsa Indonesia dahulu sulit mengusir penjajah. Sebabnya karena tidak adanya ....
A. Persatuan
B. Pendidikan
C. Pemimpin
D. Senjata
35. Konggres kedua sumpah pemuda pada tahun 1928 diselenggarakan di ....
A. Surabaya
B. Yogyakarta
C. Jakarta
D. Sumatra
36. Satu nusa berarti satu ....
A. Bahasa
B. Tanah air
C. Budaya
D. Kesatuan
37. Hasil kesepakatan kongres 1 adalah ....
A. punya cita-cita sama yakni Indonesia merdeka
B. membuat strategi perang melawan penjajah
C. membuat sekolah-sekolah didaerah
D. menggalan kekuatan pemuda untuk masuk pemerintah Belanda
38. Para pemuda Indonesia pada zaman dahulu melakukan sumpah pemuda agar dapat ....
A. Menjadi penguasa
B. Terus sekolah
C. Bersatu mengusir penjajah
D. Menjadi tentara
39. Salah satu tokoh yang lahir dari Jong Minahasa adalah ....
A. Sam Ratulangi
B. Moh. Hatta
C. Moh. Yamin
D. Bahder Johan
40. Kebangkitan perjuangan pergerakan kebangsaan Indonesia dalam mengusir penjajahan ditandai dengan kelahiran ....
A. Budi Utomo
B. Sumpah Pemuda
C. kongres Pemuda I
D. Kongres Pemuda 2
41. kongres pemuda tri koro dharmo diadakan di . . . .
A. yokyakarta
B. semarang
C. sampang
D. solo
42. pola perubahan perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan setelah kebangkitan nasional adalah ....
A. mengandalkan kekuatan fisik
B. memperkuat persenjataan
C. melakukan diplomasi dan pembentukkan organisasi modern
D. kharismatik pemimpin
43. Di bawah ini yang merupakan ketua dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia ( PPPI ) adalah ....
A. Sugondo Djojopoespito
B. Sarmidi Mangoensarkoro
C. Poernomowoelan
D. Sunario
44. Hikmah yang dapat diambil dari kongres pemuda tahun 1928 adalah ....
A. kehadiran organisasi kedaerahan
B. Terwujudnya persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia
C. Lahirnya organisasi kepemudaan di Indonesia
D. dicapaianya kemerdekaan bangsa Indonesia
45. M. Yamin merupakan sekretaris pada kongres pemuda yang berasal dari organisasi . . . .
A. PPPI
B. Jong Java
C.Jong Sumatranen Bond
D. Pemoeda Indonesia
46. Perhatikan Pernyataan di bawah ini!
1. Cinta tanah air dan bangsa
2. Menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari
3. Menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
4. Menjaga persatuan dan kesatuan Sikap yang menunjukkan semangat sumpah pemuda adalah ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 4
D. 1, 2, 3
47. Nilai-nilai yang dapat diambil dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah ....
A. keberanian
B. persatuan
C. kejujuran
D. tanggung jawab
48. Kongres Pemuda II selain menghasilkan ikrar Sumpah Pemuda, di perdengarkan pula lagu ....
A. Indonesia Raya ciptaaan Wage Rudolf Supratman
B. Satu Nusa Satu bangsa Ciptaan L. Manik
C. Indonesia Pusaka Ciptaan Ismail Marzuki
D. Bagimu Negeri Ciptaan Kusbini
49. "Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia". Pernyataan tersebut menunjukkan adanya ....
A. keinginan menjadi bagian dari bangsa Indonesia
B. perasaan kebangsaan yang menjiwai para pemuda
C. tekad melawan segala bentuk penjajahan barat
D. keinginan untuk mewujudkan kemerdekaan
50. Pelopor kongres pemuda Indonesia II d Jakarta tanggal 27-28 Oktober 1928 adalah ....
A. Jong Java dan pemuda kaum betawi
B. Perhimpunan Indonesia
C. Pemuda Indonesia
D. Perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia
51. Di bawah ini adalah tindakan yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan pemuda di lingkungan masyarakat adalah adalah ....
A. anggota karang taruna saling bekerjasama membantu korban banjir
B. mengikuti upacara peringatan sumpah pemuda di sekolah
C. bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah
D. membantu saudara menyelesaikan pekerjaan rumah
52. Suasana kongres Pemuda II berlangsung sangat tegang. Lagu Indonesia Raya karya cipta W.R Supratman yang ingin diperkenalkan sebagai lagu kebangsaan hanya dapat diperdengarkan melalui alunan musik biola. Hal tersebut terjadi selama kongres pemuda berlangsung banyak polisi Belanda yang mengawasai dan banyak larangan yang harus ditaati oleh peserta kongres, antara lain seperti berikut ini, kecuali ....
A. tidak boleh membicarakan soal-soal politik
B. arak-arakan kepanduan harus dibatalkan
C. tidak boleh mendatangi pemuda pelajar dari daerah-daerah
D. pengurus tidak boleh membawa atau memasang papan dan spanduk yang berisi semboyan apapun
53. Kehadiran organisasi Boedi Oetomo sering dianggap sebagai kelahiran kaum pelajar bangkit. hal ini disebabkan karena ....
A. para pemuda didaerah dapat menunjukan jati diri dan kemampuanya
B. generasi muda mendapat peluang untuk memasuki sekolah-sekolah modern
C. organisasi ini menjadi semangat bagi para pemuda pelajar untuk berorganisasi
D. gerakan pemuda dapat menjelma menjadi sebuah gerakan politik
54. Peran Pelajar dalam mewarisi nilai-nilai kebangsaan antara lain dapat dilakukan dengan ....
A. memakai seragam sekolah
B. menengok teman yang sedang sakit
C. tidak menyontek saat ulangan
D. mengikuti upacara bendera setiap hari senin dengan khidmat
55. Berikut yang bukan merupakan asas-asas Tri koro Dharmo adalah ....
A. Membangun pertalian antarmurid bumi putera diberbagai sekolah
B. Peningkatan pengetahuan umum bagi para anggotanya
C. Membangkitkan minat terhadap Bahasa dan budaya di wilayah Indonesia
D. Mengembangkan organisasi menjadi gerakan politik
56. Berbagai upaya pemerintah kolonial Belanda untuk menghambat laju pergerakan perjuangan bangsa Indonesia terus dilakukan, diantaranya ....
A. Pengawasan ketat terhadap organisasi atau partai politik serta penangkapan terhadap para pemimpinnya
B. Pengawasan ketat terhadap organisasi atau partai politik serta membubarkan organisasinya
C. Partai-partai politik berkembang
D. Pengawasn terhadap organisasi atau partai politik dan untuk dibubarkan
57. Dalam masyarakat kita dikenal sikap saling mengembangkan, saling mengasihi dan saling melindungi diantara warga masyarakat. Semboyan silih asah, asih dan asuh adalah nilai kekeluargaan yang ada di masyarakat ....
A. Jawa tengah
B. Jawa barat
C. Jawa timur
D. DIY
58. Pada Tanggal 23 September 1927, empat orang pemimpin 'Perhimpunan Indonesia' (di Den Haag Belanda) yaitu Mohammad Hatta, abdul madjid, Djojodiningrat, ali sastroamidjojo, dan Nazir Datuk Pamuntjak, ditangkap dan dipenjarakan di negeri Belanda. Mereka dituduh menghasut rakyat Indonesia untuk memberontak melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam majalah ....
A. Indonesia merdeka
B. Pikiran Rakyat
C. Indonesia Raya
D. Indonesia Jaya
59. Menurut Moh. Yamin ada 5 faktor yang bisa mempersatukan Indonesia, yaitu ....
A. Sejarah, Agama, Kepanduan, Bahasa dan Kemauan
B. Kemauan, Agama, Pendidikan, Adat dan Bahasa
C. Sejarah, Bahasa, Hukum Adat, Pendidikan dan Kemauan
D. Hukum Adat, Agama, Kemauan, Kedisplinan, dan Sejarah
60. Kehadiran organisasi Boedi Oetomo sering dianggap sebagai kelahiran kaum pelajar bangkit. hal ini disebabkan karena ....
A. para pemuda didaerah dapat menunjukan jati diri dan kemampuanya
B. generasi muda mendapat peluang untuk memasuki sekolah-sekolah modern
C. organisasi ini menjadi semangat bagi para pemuda pelajar untuk berorganisasi
D. gerakan pemuda dapat menjelma menjadi sebuah gerakan politik
61. Semangat sumpah pemuda perlu kita jaga. Tujuannya ....
A. Agar Indonesia menjadi negara adikuasa
B. Agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga
C. Agar bisa menjadi negara imperialis
D. Agar indonesia bisa menakuti dunia
62. Organisasi kepemudaan daerah yang anggotanya berasal dari pelajar Jawa, Bali, dan Madura adalah ....
A. jong sumatranen bond
B. jong celebes
C. tri koro dharmo
D. pemuda betawi
63. organisasi tri koro dharmo mengadakan kongres pertama dengan hasil ....
A. menciptakan cita-cita kemerdekaan
B. mempererat tali silaturahmi
C. bergabung dengan organisasi kepemudaan lain
D. mengubah nama menjadi jong java
64. Arti penting sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia adalah ....
A. Menghilangkan sifat kedaerahan dan sukuisme
B. Menghilangkan sifat permusuhan
C. Menghargai HAM
D. Menghilangkan sikap patriot
65. Berikut ini hal yang harus dihindari dalam hidup berbangsa dan bernegara, yaitu ....
A. Menghormati suku yang lain
B. Tawuran karena berbeda suku atau daerah
C. Mempelajari budaya daerah
D. Menonton pementasan budaya daerah lain
66. Dengan semangat Sumpah Pemuda, kita harus mencintai tanah air dengan ....
A. Mengembangkan kebudayaan daerah
B. Memegang teguh Bhinneka Tunggal Ika
C. Memelihara lingkungan bebas narkoba
D. Hidup bersama dengan berbagai suku bangsa
67. Pada masa pergerakan nasional yang berlangsung dari awal abad ke-20 hingga masa awal kemerdekaan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan tidak terlepas dari peranan pemuda dan golongan cendekiawan yang berusaha keras menyebarluaskan ide nasionalisme. Manakah dibawah ini perbandingan yang paling tepat antara perjuangan yang golongan pemuda dan cendekiawan pada kedua masa yaitu ....
A. diawal abad ke-20 dipimpin oleh golongan terpelajar sedangkan di awal kemerdekaan dipimpin oleh golongan militer dan cendekiawan.
B. diawal abad ke-20 upaya memperjuangkan berdirinya negara Indonesia yang merdeka sedangkan diawal kemerdekaan perjungan lebih ke dalam upaya mempertahankan kemerdekaan.
C. diawal abad ke-20 perjuangan bergantung pada sosok pemimpin sedangkan diawal kemerdekaan perjuangan dilakukan sesuai dengan hasil perundingan dengan pihak asing.
D. diawal abad ke-20 upaya diplomasi menjadi cara yang paling utama sedangkan diawal kemerdekaan perlawanan fisik dengan kekuatan militer lebih diutamakan daripada diplomasi. “Dibelakang memberikan dorongan” adalah salah satu asas Taman Siswa yang saat ini digunakan sebagai semboyan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Dalam
68. bahasa Jawa, asas ini dikenal dengan istilah ....
A. Ing Madyo Mangun Karso
B. Tut Wuri handayani
C. Ing ngarso sung tulodo
D. gemah ripah repeh rapih
69. Kongres Pemuda I belum menghasilkan keputusan yang menggembirakan. Hal ini terjadi karena ....
A. masih melekatnya semangat egosentrisme pada para peserta kongres
B. Kongres yang berlangsung kacau
C. Masih ada poin-poin Kongres Pemuda I yang rancu
D. Kongres ini mendapat pengamanan dari Belanda
70. Selain melahirkan Sumpah Pemuda, Kongres Pemuda II melahirkan sebuah organisasi yang bernama ....
A. Partai nasional Indonesia
B. Partai Indonesia Raya
C. Perhimpunan Indonesia
D. Indonesia Muda
Post a Comment
Post a Comment